Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Paling Sederhana dan Simpel

Salah satu keinginan orang adalah mendapat penghasilan tanpa bekerja berat. Nah, salah satu yang menjadi alternatif adalah dengan bekerja sebagai blogger. Seorang blogger yang sukses membuat blog dengan ratuasan ribu view per hari bisa jadi diakatakan sebagai seorang blogger yang sukses.

Nah, proses untuk menjadi sukses itulah yang harus dilalui. Ketika memang sudah punya blog dengan banyak kunjungan, otomatis iklan yang ditampilkan juga akan mendapatkan income bagi pemilik blog.



Maka dari itu, salah satu kata kunci untuk mesin pencari yang banyak muncul adalah 'cara membuat blog'. Nah, di dalam blog ini ada beberapa cara yang sangat mudah dan sederhana agar orang bisa membuat blog sendiri.



Pada dasarnya, membuat blog itu mudah, simpel. Terlebih dengan adanya media sosial semacam facebook dan lainnya, orang menjadi terbiasa membuat akun.

Ada beberapa paltform blog yang bisa kita gunakan. Ada yang gratis ada yang berbayar. Di sini, akan dijelaskan cara membuat blog yang gratis tapi keren.

Berikut ini adalah cara sederhana untuk membuat blog di blogspot.com

Langkah pertama dalam Membuat Blog: Harus Punya Email

Apapun platform yang kita gunakan, pasti membutuhkan email. Lebih baik buat email dulu. Pastikan bahwa email kita aktif dan bisa kita akses. Email ini berfungsi untuk mengonfirmasi kepemilikan blog itu. Sangat disarankan membuat email di google dengan alamat emailkita@gmail.com. Karena email ini bisa langsung terintegrasi dengan blog.

Langkah Kedua dalam Membuat Blog: Masuk ke Blogger.com (www.blogger.com)

Blogger.com adalah alamat untuk bisa punya email dengan alamat blogkita.blogspot.com. Jadi jangan bingung antara blogger.com dan blogspot.com. Sama saja. Nanti akan dijelaskan dalam langkah membuat blog selanjutnya.

Langkah Ketiga untuk Membuat Blog: Klik Tombol 'Create Your Blog'

Setelah diklik akan muncul jendela perintah untuk memasukkan alamat email. Masukkan alamat email yang telah dimiliki kemudian klik tombol 'BERIKUTNYA' yang berwarna biru.

Kemudian masukkan 'password' email. Pastikan email yang kita ketik benar. Selanjutnya klik tombol 'BERIKUTNYA'.

Langkah Keempat Cara Membuat Blog: Isi Identitas Blog dan Pilih Template

Tulis Judul Blog yang ingin kalian buat. Misalnya blog ini judulnya: CARA SEGALA. Atau pilih judul blog yang menggambarkan isi blog yang akan kalian buat. Misalnya:
 - Catata Sekolah Dilan
 - Curhatan Milea

Isi juga alamat blog. Alamat ini yang dibutuhkan untuk masuk ke blog yang kalian buat. Misalnya blog ini alamatnya adalah: caramun.blogspot.com. Pastikan nama yang kalian buat sebagai alamat blog adalah alamat yang unik, tapi singkat, dan mudah diingat. Tunggu sampai alamat terkonfirmasi tersedia. Ada kalanya alamat yang kita inginkan sudah digunakan atau pernah digunakan oleh orang lain.

Pilih Templat Blog. Agar mudah, tinggal klik template yang diinginkan. Pilih yang bawaan blogspot saja, yang tersedia di blogger.com. Templat adalah bentuk tampilan blog kita nanti.

Kemudian klik tombol 'BUAT BLOG'. Jika muncul jendela 'Google Domains' tutup saja atau klik 'lain kali'. Jendela ini menawarkan domain bagi yang berminat punya domain khusus yang .com tanpa harus embel-embel .blogspot.com.

Langkah Kelima Cara Membuat Blog: Buat Postingan Pertama

Untuk bisa melihat tampilan blog yang kita buat, buat postingan pertama kita. Dengan cara klik 'Entri Baru'. Selanjutnya tulis judul blog. Tulis juga isi blog di bagian bawah judul. Untuk mengisi artikel, bisa dilakukan dengan cara salin-tempel (copy-paste) dari file word yang pernah kita buat.

Setelah artikel selesai diketik, kemudian klik 'Publish' atau 'Publikasikan'.

Untuk melihat blog, klik tombol 'Lihat Blog'. Yang muncul adalah tampilan blog yang baru dibuat.

Selamat membuat blog. Ini adalah cara membuat blog yang paling awal. Selanjutnya penataan blog, pengisian blog, bisa dilakukan secara bertahap. Selamat ngeblog!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Paling Sederhana dan Simpel"