Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Judul Film Paling Dicari Pada 2020 | Hanya 1 yang Saya Tonton

coretanmun.blogspot.com - Google telah merangkum pencarian selama setahun di Indonesia. Ada 5 film atau tv series yang paling dicari orang Indonesia pada mesin pencari google. Kelima film itu adalah:

1. Tilik

2. Crash Landing on You

3. Milea

4. The World of The Married

5. Mariposa




Jelas yang tidak termasuk yang mencari film-film tersebut Dari kelima judul film (atau tv series) di atas. Hanya satu yang saya tonton. Satu tahu alur dan garis besar ceritanya. Satu saya duga tahu. Dan dua yang tidak saya tahu sama sekali. Bahkan tidak tahu bahwa itu adalah judul film. 


Jadi, jika di antara kalian ada yang tidak tahu judul film atau tv series itu. Kalian tidak sendirian. Tapi masalahnya jika semua pembaca tahu bahwa kelima judul di atas tidak asing. Ini menandakan bahwa sayalah yang sendirian. Sama sekali tidak mengikuti tren. 


Film yang sama sekali tidak saya ketahui adalah Crash Landing on You dan Mariposa. Sama sekali tidak tahu itu judul film ataukah tv series. Biarlah yang tahu saja yang menjelaskan. 


Film yang kemungkinan saya tahu adalah Milea. Ini kan pacarnya si Dilan ya? Jadi ini termasuk film. Bukan TV series. Milea ini tentu lanjutan dari sekuel film Dilan. Milea ini identik dengan jaket warna merah. Nah, jika saya salah tolong diberi tahu. Saya hanya menduga. 


Judul yang cukup tidak asing adalah The World of The Married. Ini adalah TV Series dari korea. Lebih mudah disebut drakor alias Drama Korea. The World of The Married pada mulanya dapat ditonton secara streaming melalui saluran internet. Karena telah menjadi trending berhar-hari makan ada stasiun tv nasional yang menyiarkannya.


Meskipun tidak menonton Drakor The World of The Married secara utuh - karena memang tidak begitu suka dengan drakor- tapi saya sempat tahu alur ceritanya. Karena istri --seperti halnya banyak emak-emak seumuran yang lain-- juga menggandrungi drakor ini. Katanya sebagai gambaran kehidupan rumah tangga dan pernikahan semua orang. Padahal itu di korea. Tapi masalah rumah tangganya sama katanya. Tentang pernikahan, perselingkuhan, dan kesetiaan. 


Saya rasa yang suka drakor ini bukan hanya yang suka drakor. Maksudnya orang yang awalnya tidak suka nonton drakor jadi ikutan nonton The World of The Married karena ke-trending-annya. Terlihat pada waktu itu banyak yang membuat status dan story di medsos masing-masing. 


Yang terakhir, dan ini yang paling fenomenal di Indonesia. Film Tilik. Judul ini saya tahu. Saya tonton filmnya sampai habis. Sebuah film pendek yang mengambil latar kehidupan orang-orang desa. Latar utamanya ada di atas truk yang sedang melaju ke kota. Dari desa. Hendak tilik (membesuk) Bu Lurah yang sedang dirawat di rumah sakit. 


Bukan masalah sakitnya yang jadi inti cerita, tapi rasan-rasan atau ghibah atau pergunjingan di atas truk itu yang diisi oleh para ibu warga desa. Tentu pembaca sekalian sudah pernah nonton tilik. Tentu tak perlu saya ceritakan di sini. 


Karakter Bu Tejo adalah karakter yang paling kuat dalam film pendek tersebut. Sampai-sampai jadi bintang iklan, jadi trending di twitter, jadi meme, jadi stiker WA. Banyak.


Dari trending selama 2020 ini, kita bisa melihat bahwa budaya lokal dan produk lokal masih tetap bisa bersaing dengan karya-karya lain. Masih ada Milea dan Tilik yang turut serta dicari oleh orang. Tentu ini menjadi karya yang fenomenanl. Bukan sekadar dicari sesaat. Bahkan Tilik memberikan dampak besar pada ketertontonan film-film pendek lain yang dibuat dengan 'sederhana' namun dengan cerita yang sangat luar biasa. 


Setidaknya bagi saya pribadi. Karena telah menonton Tilik di kanal youtube, saya juga jadi menonton film-film pendek lain yang bagus dan punya nilai yang sangat kuat. Berkat sering nonton film pendek itu pula, film pendek karya lokal Jember yang mengambil set di desa tetangga juga jadi saya tonton. Film pendek bergenre komedi. Kalau tidak karena nonton tilik, mungkin saya tidak pernah menonton film yang mengambil lokasi syuting di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung. 


Memang tahun 2020, adalah tahun yang berat. Tetap positif saja menghadapi tahun 2021. Semoga semakin membaik dalam segala sektor. 


Khusus untuk saya, semoga coretanmun.blogspot.com bisa gajian adsensenya.

2 komentar untuk "5 Judul Film Paling Dicari Pada 2020 | Hanya 1 yang Saya Tonton"

  1. Amiin. Saya doakan semoga paragraf terakhir segera dikabulkan.
    Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. minimal 2021 lah bisa gajian. ente juga ya hahaha.

      Hapus